Ilmu Mempelajari Tentang Komputer dan Jaringan

Separat existentie 2010 Unee MYT por scientie, musica, sport etc, litot Europa usa li sam Vocabular Lingues, differe solmen in li grammatica, li pronunciation. Delete this widget in Dashboard and add yours. This is just an example. Read More

mini-pe

Selasa, 19 Oktober 2010

1.Uraian Materi
Pengertian tentang mini-pe
Mini-Pe adalah suatu operasi sistem yang di rancang secara Live CD atau dengan kata lain operasi sistem yang bisa di load langsung dari sekeping CD tanpa harus menginstall operasi sistem itu ke hardisk. Mini-Pe khusus di rancang hanya untuk repaired tool.
Dalam mini-pe juga banyak terdapat tool-tool repaired yang sangat di butuhkan dalam perbaikan software seperti anti virus, partisi tool, nero burning, browser (mozilla dan opera), hardisk toll dan lain-lain. Mini-pe sangat penting dalam perbaikan dan pelacakan masalah, apalagi ketika kita menghadapi suatu komputer yang bermasalah seperti tidak mau booting operasi sistem nya.
2.gambar
Gambar desktop mini-pe
3.gjala-gjala yng bisa timbul
komputer adalah suatu alat pengolah data yang sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat sekarang ini, namun tak semua pengguna komputer bisa melacak kerusakan ketika komputer bermasalah, banyak masalah-malah yang bisa timbul pada operasi sistem yang di pakai sehingga mengganggu kinerja komputer itu sendiri. Virus adalah salah satu contoh yang bisa mengakibatkan operasi sistem komputer menjadi crush atau hilangnya data.
4.analisa kerusakan
cek cpu komputer yang di anggap bermasalah, hidupkan dan biarkan sistem operasi berjalan. Apabila terdapat masalah boot ke operasi sistem, disinilah mini-pe di butuhkan sebagai pengganti operasi sistem sementara untuk melihat data-data yang ada di drive c atau sebagainya. Langkah-langah pengoprasian mini-pe adalah sebagai berikut :
a.restart cpu komputer (dengan cara menekan ctrl+alt+del atau tombol reset)
b.masuk BIOS dengan cara menekan F1, F2 atau del (tergantung jenis mainboard)
c.atur first boot device ke cd room dan second boot device ke hardisk 0.
d.Save and exit atau tekan F10
e.Masukkan cdmini-pe ke cd room
Setelah itu biarkan mini-pe berjalan sampai siap menerima perintah selanjutnya. Untuk melihat data-data yang ada pada hardisk, klik menu jendela mini-pe di pojok kiri bawah,klik programs, klik File management, klik f-explorer
Maka akan muncul tampilan f-explorer seperti pada gambar di bawah.
Kita bisa melihat dengan jelas, drive dan letak-letak file atau data yang tersimpan seperti halnya kita mengenal windows explorer, pengoprasian nya pun tak jauh beda.
Copy semua data penting yang ada di drive c, ke drive yang aman misal d atau seterusnya. Dengan cara ini kita juga bisa menghapus file-file yang susah di hapus di operasi sistem windows, file virus juga bisa di hapus manual asalkan kita tau karakteristik file virus tersebut. Setelah data-data penting tercopy dari drive c ke drive yang lain, kita bisa lanjutkan penginstallan operasi sistem windows dengan leluasa tanpa menghawatirkan data di drive c, untuk penginstalan operasi sistem windows yang bersih, format drive c yang akan di jadikan sistem dengan menggunakan fat32 atau ntfs.

0 komentar:

Posting Komentar